Selasa, 23 September 2014

5 Langkah Analisa Expired Domain PR & Authority Sebelum Membeli

cara analisa domain, analisa expired domain, cara cek domainSetelah memilih expired domain dengan PR valid, Domain Authority  dan Page Authority tinggi, sesuai langkah-langkah yang saya bahas dalam seri belajar seo yang saya tulis sebelumnya, kita perlu menganalisa validitasnya sebelum memutuskan untuk membelinya sesuai kebutuhan. Jadi kita akan menganalisa hal-hal berikut:
1. Index/Deindex, No Banned/Banned
2. Cek validitas Pagerank terbaru
3. Cek DA dan PA terkini
4. Cek MozRank dan MozTrust
5. Cek kualitas Backlink dan relevansi
Apakah domain tersebut masih di index dan tidak dalam keadaan di banned oleh google?
Beberapa tempat expired domain memiliki keterangan jumlah index halaman. Namun alangkah lebih baik kalau kit alebih hati-hati dan mau memeriksa ulang keabsahannya.
Tentunya kita tidak perlu lagi membahas mengenai pengertian expired domain. Expired itu artinya kadaluarsa. Beberapa diantaranya memang memiliki reputasi baik. Namun tidak sedikit diantaranya bereputasi buruk. di Index oleh google merupakan indikasi awal yang bagus, daripada memulai dalam keadaan deindex atau banned. Itu bisa saja diperbaiki, namun, sekali lagi, kalau ada yang lebih baik kenapa memilih yang beresiko? Jadi, mari, pilih domain yang masih di index. Bagaimana caranya?
Pertama, kita bisa mengetahuinya melalui hasil pencarian google. Gunakan query seperti ini:
info:domainanda.com
Google akan menunjukan hasil untuk domain tersebut jika memang masih terindex. Sebaliknya, google tidak akan menunjukan hasil apa-apa jika domain tersebut deindex. Lihat video.
Lalu bagaimana cara mengetahui domain tersebut banned atau tidak? Salah satunya dengan memeriksanya di seomastering.com. Jika di Banned, akan muncul pemberitahuan di sana.
Apakah Pagerank Domain yang ditunjukkan tersebut Valid?
Ada saja domain ber-PR yang ternyata bukan asli dari domain tersebut, tetapi merupakan redirect dari domain lainnya yang memiliki PR. Ini salah satu faktor domain disebut PR Fake. Atau PR yang tidak benar. Kita bisa memeriksanya dengan cara di atas untuk mengetahui kemunculan domain yang terindex google benar-benar domain tersebut. Jika redirect, maka yang muncul adalah domain asalnya. Berikutnya kita bisa menggunakan banyak tool pemeriksa pagerank. Anda bisa browsing website untuk memeriksa pagerank. Di sini saya menggunakan moonsy untuk memeriksa kebenarannya. Perhatikan apakah berdasarkan hasil pengecekan pagerank terbaru, pagerank tersebut masih tampak benar-benar memiliki pagerank atau tidak. Lihat video.
Berapa nilai Domain Authority dan Page Authority saat ini?
Dalam video sebelumnya, saya menunjukan cara praktis mencari domain PR, DA, dan PA tinggi, dan di sana tidak ditentukan nilai DA dan PA secara exact, tetapi dengan batasan nilai tertentu. Kita perlu memeriksa update DA dan PA saat ini, karena nilai DA dan PA pasti mengalami fluktuasi. Untuk analisa ini kita bisa melakukannya di opensiteexplorer.org, atau seperti yang saya tunjukan pada video yaitu, di moonsy.com. Cek Domain Authority kemudian cek juga page authority nya. Hasil yang ditunjukan di sana merupakan hasil DA & PA terkini. Hari sebelumnya atau besok bisa saja berubah karena berbagai hal.
Berapa nilai Mozrank dan Moztrust?
Penjelasan mengenai dua hal ini bisa anda temukan pada artikel sebelumnya. Untuk memeriksa MozRank dan MozTrust bisa kita lakukan di dua tempat di atas, sama dengan ketika kita memeriksa Domain authority dan Page Atuthority. Beberapa “Guru” internet marketing dunia, menyarankan MozRank minimal “3”, dan MozTrust “4” atau “5” dan lebih tinggi lebih baik.
Seperti apa Backlink dan Relevansinya?
Backlink merupakan salah satu hal banyak diperhatikan dalam SEO. Secara sederhana  bisa diartikan link yang berasal dari luar ke blog kita. Banyak expired domain yang ternyata masih memiliki backlink, dan di dua tempat pencarian domain tadi, hanya ditunjukkan kuantitasnya. kita perlu mengetahui kualitas backlink tersebut dan juga relevansinya dengan niche website untuk domain dari pemilik sebelumnya.
Untuk mengetahui relevansinya, kita perlu mengetahui history dari websitie tersebut. Terkadang kita hanya cukup memeriksanya melalui google chache, namun hasil lebih lengkap dan mudah bisa kita temukan di archive.org. Situs yang pernah establish, apalagi yang sudah berumur, akan terekam di website archive.org. Ini bisa menjadi gambaran untuk mengetahui niche apa kira-kira yang diusung domain tersebut ketika eksist. Ini merupakan bekal untuk pemeriksaan backlink selanjutnya.
Memeriksa backlink tidak sebatas pada kuantitas. Tetapi usahakan untuk memeriksa kualitasnya. Salah satu faktor backlink berkualitas adalah relevan. Dan banyak faktor lainnya. Untuk itu, ada banyak tempat yang bisa kita kunjungi.
ahrefs.com – di sini merupakan tempat yang populer digunakan internet marketer. Sayangnya dengan akun gratis, kita hanya akan ditunjukkan sekitar 10 hasil backlink. Tentu itu tidak cukup. Namun kita bisa memanfaatkan banyak hasil analisa lainnya di sini yang terbilang lengkap, mulai dari IP, follow nofollow, dan lain-lain
majesticseo.com – Selain jumlah backlink, di sini kita juga bisa mendapatkan hasil lainnya termasuk yang tidak dimiliki tool lainnya adalah nilai Citation flow dan trust flow, sebuah metrik yg mengukur aliran jumlah link dan kualitas link. Nilai lebih besar lebih baik.
webmeup.com – Ini merupakan salah satu tool yang akan menunjukkan laporan backlink keseluruhan. Kita bisa juga mendownload hasil laporan tersebut. Dan yang menarik bahwa servis ini masih gratis. Jadi mari gunakan dengan bijak sebelum kemudian berbayar.
Ranksignals.com – Ini biasa saya gunakan untuk memeriksa nilai pagerank link yang kita dapatkan. Di sana akan ditunjukan sekaligus PR dari setiap link yang mengarah ke web kita.
Lakukan langkah-langkah tersebut sebelum anda memutuskan untuk membeli. Agar lebih jelas, saya telah membuatkan video panduan praktis step by step.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar